Pages

 

PENGGOLONGAN MAKHLUK HIDUP

0 komentar
PENGGOLONGAN MAKHLUK HIDUP

A. Penggolongan Hewan

1. Penggolongan Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya

Gb. Kerbau hidup di darat
Hewan apa sajakah yang ada? Mungkin ada kerbau, sapi, burung, ayam, kelinci, ikan, dan bebek. Hewan-hewan seperti sapi, kerbau, ayam, kelinci, dan bebek hidup di darat. Adapun ikan hidup di air. Berdasarkan tempat hidupnya, hewan dapat digolongkan menjadi hewan yang hidup di darat, di air, dan ada juga hewan yang hidup di darat dan di air.

2. Penggolongan Hewan Berdasarkan Cara Geraknya
Salah satu ciri makhluk hidup adalah dapat bergerak. Setiap hewan memiliki cara bergerak yang berbeda-beda. Semut sering kamu lihat di pepohonan, tanah, atau dinding bangunan. Semut bergerak dengan cara berjalan atau berlari. Burung dan kupu-kupu bergerak dengan cara terbang. Kucing, ayam, dan kambing bergerak dengan cara berjalan atau berlari. Kadang-kadang, kucing bergerak dengan cara melompat. Katak dan kelinci bergerak dengan cara melompat. Hewan ada yang bergerak dengan cara merayap dan berenang. Contoh hewan yang bergerak dengan cara merayap adalah cecak, cacing, dan ular.
Gb. Kupu-kupu bergerak terbang, ayam bergerak dengan berjalan

3. Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya
Penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya disebut herbivor, karnivor, dan omnivor. Hewan herbivor ada yang memakan rumput, sayuran, buah, daun, biji, dan madu. Hewan karnivor tidak semuanya pemakan daging. Hewan karnivor ada yang memakan serangga. Contoh hewan yang memakan se-rangga adalah cecak dan katak. 

Gambar tersebut terlihat kelinci sedang memakan rumput. Hewan omnivor adalah hewan pemakan daging dan tumbuhan. Tikus suka memakan daging dan juga suka memakan buah-buahan. Ayam suka memakan beras dan juga suka memakan cacing. Makanan manusia ber asal dari hewan dan tumbuhan yang ada di lingkungan. Lingkungan menyediakan berbagai kebutuhan untuk makhluk hidup. Karena itu, lingkungan harus selalu di jaga dan dilestarikan.

4. Penggolongan Hewan Berdasarkan Penutup Tubuhnya

ahukah kamu, apa yang dimaksud dengan penutup tubuh hewan? Bulu dan rambut merupakan contoh penutup tubuh hewan. Sisik ikan pun termasuk penutup tubuh hewan. Penutup tubuh hewan memiliki fungsi sebagai pelindung dari cuaca panas ataupun dingin dan juga untuk melindungi diri dari musuhnya. Kucing, kelinci, dan domba memiliki rambut sebagai penutup tubuh.


B. Penggolongan Tumbuhan



1. Penggolongan Tumbuhan Berdasarkan Tempat Hidupnya
Seperti hewan, tumbuhan pun digolongkan berdasarkan tempat hidupnya. Tempat hidup tumbuhan ada di darat dan ada pula di air. Pohon kelapa dan pohon pisang tempat hidupnya di darat.  Contoh tumbuhan lain yang hidup di darat adalah mawar, melati, jagung, dan ketela. Namun, ada pula tumbuhan yang tempat hidupnya di air, seperti teratai, ceng gondok, dan kangkung.


2. Penggolongan Tumbuhan Berdasarkan Bentuk Daunnya
Hampir semua tumbuhan memiliki daun. Daun berguna sebagai tempat pembuatan makanan dan sebagai alat pernapasan tumbuhan. Bentuk daun bermacam-macam, yaitu
a.  Bentuk daun oval, yaitu bagian tengah daun lebih lebar dibandingkan bagian atas dan bawahnya, misalnya daun mangga, rambutan, dan durian.

b.  Bentuk daun jantung, yaitu bentuknya seperti jantung, misalnya daun eceng gondok dan daun sirih.

c.  Bentuk daun menjari atau seperti jari, misal-nya daun singkong dan daun pepaya.

d.  Bentuk daun memanjang, yaitu helaian daun memiliki lebar yang sama misalnya pandan dan padi.


3. Penggolongan Tumbuhan Berdasarkan Bentuk Batangnya
Batang adalah bagian tumbuhan yang berguna sebagai penyalur makanan dari akar ke seluruh bagian tumbuhan. Selain itu, batang berfungsi untuk menegakkan tumbuhan di atas permukaan tanah. Tumbuhan yang tinggi, seperti pohon kelapa dan mangga, memiliki batang yang besar, tinggi, dan keras. Adapun tumbuhan yang pendek, biasanya, memiliki batang yang kecil, pendek, dan lunak.
Ada pula tumbuhan yang memiliki batang menjalar di tanah, seperti semangka, mentimun, ubi jalar, dan rumput. Batang tumbuhan itu lunak dan ukurannya kecil.

4. Penggolongan Tumbuhan Berdasarkan Jenis Akarnya
Amatilah akar tumbuhan yang ada di lingkungan sekitarmu. Akar bagi tumbuhan sangat penting karena berfungsi untuk menyerap air dan makanan dari dalam tanah. Pada beberapa tumbuhan, seperti wortel dan ketela pohon,
akar berfungsi sebagai penyimpan cadangan makanan. Ada dua jenis akar, yaitu akar serabut dan akar tunggang. Akar serabut tidak memiliki akar utama dan setiap bagian akar besarnya sama. Akar tunggang adalah akar utama yang
berukuran besar dan memiliki akar cabang. Tumbuhan yang memiliki akar serabut, misal-nya tumbuhan padi, jagung, rumput, dan tebu. Tumbuhan yang memiliki akar tunggang, misalnya pohon mangga, jambu, dan durian. Akar memiliki fungsi yang sangat penting. Fungsi akar sebagai penyerap air dari dalam tanah. Hal itu membuat lingkungan terhindar dari banjir karena air yang jatuh ke bumi diserap dengan baik. Akar tumbuhan juga membuat keadaan tanah menjadi subur. Jika tidak ada tumbuhan, air sulit diserap oleh tanah sehingga bencana banjir tidak dapat dihindarkan dan masyarakat akan mengalami kerugian.
akar serabut
akar tunggang







0 komentar:

Post a Comment

KOMENT YUUK